teks pidato

0 komentar
 teks pidato menjaga lingkungan sekolah


 Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kitasemua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”.


Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan. Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali. Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.


WalbilaihiTaufikWalhidayahWassalamu’alaikum

CONTOH TEKS PIDATO 17 AGUSTUS
Merdeka.. Merdeka .. Merdeka..
Yang terhormat Bapak/Ibu hadirin sekalian
Yang terhormat segenap warga masyarakat yang saya muliakan
Yang saya cintai para generasi muda harapan bangsa
Puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa yang telah melimpahkan rahmat tak terhingga kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul disini pada hari ini dalam kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-.
Dihari yang penuh kebahagiaan ini kita selaku warga Negara Indonesia kembali berkesempatan untuk memperingati hari yang paling bersejarah, hari yang paling menggembirakan, hari yang penuh kebahagiaan yakni hari dimana Indonesia berhasil menjadi bangsa yang mandiri, bangsa yang terbebas dari segala macam bentuk penindasan.
Terimakasih kepada seluruh pahlawan-pahlawan Indonesia. Karena perjuangan dan tumpah darahmu kami menjadi bangsa yang bebas dan hidup dengan penuh kedamaian. Kami senantiasa mengenang jasa-jasa kalian, perjuangan kalian, air mata darah kalian dalam memperjuangkan hak bangsa ini untuk mencapai kemerdekaan.
Saudara-saudaraku sekalian, sebangsa, dan setanah air mari kita jadikan momentum hari besar nasional ini sebagai momentum untuk kita berjuang dengan lebih giat lagi untuk menjadikan Negeri yang kita cintai ini menjadi lebih baik. Mari mewujudkan harapan-harapan bangsa untuk melihat Negeri tercinta yang sangat besar ini kian berdiri kokoh, tegap, makmur  serta adil dan merakyat. Sebagai pribadi yang baik, bangsa yang bertanggung jawab banyak yang harus kita perjuangkan guna membawa Indonesia ke jenjang yang lebih baik.
Bentuk rasa terimakasih kita kepada para pahlawan yang gugur dalam peperangan untuk memperjuangkan hak-hak kita tidak hanya dengan cara mengenang sejarah beliau. Bentuk rasa hormat kita kepada para pejuang yang gugur dalam medan pertempuran untuk membela hak dan martabat bangsa tidak hanya dengan membaca riwayat mereka, tetapi kita harus berusahah semampu kita untuk meneruskan perjuangan mereka.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat, dorongan serta motivasi terhadapa saya pribadi dan para hadirin sekalian dalam upaya berjuang untuk membangun Negeri yang besar dan kaya akan warisan budaya ini. Mari kita jadikan momentum ini untuk kita mencoba menoleh kebelakang apa sesungguhnya bentuk pengorbanan yang telah kita lakukan untuk membangun bangsa ini.   
Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka.. Merdeka.. Merdeka..
Terimakasih



Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi teman-temanku semuanya, terimakasih juga kepada... yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat yang bertemakan "Global Warming" ini.
Bapak/Ibu.... juga teman-temanku semua, Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Peradaban manusia sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Selama perkembangan itu, manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertanian dan agrikultur. Melalui orientasi kehidupan tersebut, manusia selalu berusaha menjaga dan melestarikan lingkungannya dengan sebaik-baiknya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Manusia sekarang telah mengalami zaman revolusi industri yang menggantungkan kehidupan pada bidang perindustrian. Dengan menggunakan orientasi hidup tersebut, dunia agrikultur pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan.
Yang mana hal itu membuat iklim menjadi lebih panas dan suhu menjadi tinggi, Lalu apa yang menyebabkan selama ini Bumi dirasakan semakin panas? Ia menjawab bahwa kondisi dan posisi matahari dan bumilah yang berdampak dan membuat Bumi semakin panas.  Karena Bumi berorientasi bukan pada kutubnya, namun pada axis-nya, itu yang membuat iklim kadang menjadi lebih ekstrim.
Semakin membesarnya lapisan ozon diudara merupakan bukti terjadinya global warming. “Suhu di bumi semakin meningkat dalam 10 tahun terakhir ini. Di negara-negara arab bahkan sudah mencapai 54 derajat celcius.
Oleh karena itu, alangkah bijaknya kalau kita sebagai penghuni bumi ini ikut andil dalam menjaga keseimbangan alam ini. karena anak dan cucu kitalah yang nantinya akan lebih merasakan dampak yang telah kita perbuat.
Demikianlah Pidato singkat tentang Global Warming atau Pemanasan Global ini saya cukupkan sampai disini.
Terimakasih atas perhatiannya, maaf bila ada kata-kata yang salah
Wassalamualaikum wr.wb.


Pidato Perpisahan Kelas 6 SD
 Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SDN *** beserta dewan guru. Yang saya hormati orangtua dan wali murid, serta yang saya banggakan teman-teman seperjuangan; siswa-siswi SDN ***.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat allah swt. Shalawat beserta salam semoga tetap terlimpahkan pada suri tauladan umat manusia, yakni habibana wanabiyyana Muhammad SAW.
Untuk Bapak dan Ibu guru yang kami cintai,
Masih terbayang dalam ingatan, ketika bapak dan Ibu guru mengajari kami dengan penuh sabar dan kasih sayang.
Terima kasih, telah mengajarkan kami berhitung mulai dari 0 sampai 1000
mengenalkan alfabet dari huruf A sampai Z
dan membuka cakawala kami tentang Indonesia, dari sabang sampai merauke.
Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah atas semua kebaikan yang bapak dan ibu berikan.
Terima kasih, Pahlawan tanpa tanda jasa. Jasamu abadi, kami kenang sepanjang masa.
Disini, saya mewakili teman-teman kelas 6,
mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika saat belajar di kelas maupun di luar kelas,
ada sikap yang tidak terpuji,
kata-kata yang tercela
dan khilaf yang tidak disengaja telah melukai ibu dan Bapak guru.
Untuk teman-teman kelas 6,
cerita kita tidak akan selesai disini.
Kita masih bisa Tersenyum dalam ilmu, dan Tertawa dalam canda
Walau di tempat masing-masing yang berbeda.
perpisahan hari ini adalah langkah awal kita untuk mencapai citacita yang lebih tinggi. Mari benamkan dalam dada, tekadkan untuk terus mengharumkan nama SDN kita tercinta.
Untuk adik-adik tersayang, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin menyampaikan pesan,
Tiada kesuksesan tanpa perjuangan
Tiada perjuangan tanpa pengorbanan
Tiada pengorbanan tanpa keikhlasan.
Kami yakin, di kemudian hari akan tiba juga saat adik-adik mencapai kelulusan. Kuncinya hanya Ikhlas dalam belajar, berusaha keras, dan tidak lupa berdoa. InsyAllah kelak adik-adik bisa seperti kami disini, lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan lebih baik lagi.
Semua kenangan yang berasal dari sebuah gedung Sekolah Dasar, di salahsatu sudut desa ini tidak akan kami lupakan.
Hadirin yang berbahagia,
Rupanya sambutan dari saya cukup sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan.
Akhir kata, saya memohon doa restu dari hadirin , agar kami, pelajar SDN ***,bisa menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin.
wassalamualaikum wr.wb


Posting Komentar